Penyebab Kista Vagina

Kista adalah tumor jinak di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kista vagina adalah suatu kantong tertutup pada dinding atau bagian bawah dinding vagina yang berisi cairan atau bahan semi padat. Kista terjadi akibat tersumbatnya kelenjar atau salurannya sehingga cairan terkumpul di dalamnya.

Kista vagina sebagian besar di jumpai secara kebetulan. Kista vagina berasal dari sisa duktus Gartner atau duktus Muller.  Ada beberapa jenis kista vagina. Sifat kista biasanya berdinding tipis berisikan cairan. Kista sendiri tidak terasakan apa-apa, sehingga tidak ada keluhan dan gejala apapun. Apalagi jika kista tersebut masih kecil.

Kista pada vagina baru memunculkan setelah mulai melakukan hubungan seks. Tergantung besarnya kista, adanya kista di vagina umumnya baru akan terasa setelah senggama. Bahkan kista beresiko pecah dan terasa nyeri.

Selain kista bisa juga sudah ada tumor di vagina. Tumor ini tidak terusik. Biasanya juga tidak bergejala. Tergantung besarnya tumor, saat bersenggama mungkin akan terasa adanya ganjalan. Kendati bersifat jinak, tumor vagina sebaiknya diangkat. Besar kemungkinan berubah menjadi ganas (adenocarcinoma).

Tumor jinak vagina semakin sering ditemukan pada perempuan usia muda. Diduga karena sewaktu ibunya mengandungnya dulu pernah mendapat pengobatan hormon (estrogen, diethylstillbestrol). Akibat pengaruh hormon ini janin perempuan beresiko tumbuhnya tumor jinak vagina.

Pada kista vagina yang tidak terlalu besar tidak memerlukan pengobatan dan dapat dibiarkan serta tidak akan mengganggu kehidupan rumah tangga. Bila pada saat persalinan terjadi gangguan penurunan bagian terendah karena kista vagina, kista tersebut dapat dipungsi sehingga cairannya keluar dan selanjutnya memperlancar proses persalinannya.

Kista vagina komplikasinya terjadi radang infeksi dengan banyak gejala. Karena letaknya jauh disekitar vaginas atas, tindakan yang dapat dilakukan yakni :

- Aspirasi, tetapi akan segera dipenuhi isinya dan mungkin melalui lubang aspirasi dapat terjadi infeksi

- Marsupialisasi

Kista vagina kadang hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang, maka perlu dilakukan tindakan operasi untuk membuangnya. Setelah operasi maka kista biasanya tidak akan kambuh.

Kista ini sering ditemukan secara tidak sengaja saat dilakukan pemeriksaan panggul, dimana terlihat atau teraba adanya tumor di dinding vagina. Biasanya dilakukan biopsi untuk menentukan apakah tumor jinak atau ganas. Jika lokasi kista dekat dengan kandung kemih atau salurannya, maka dilakukan pemeriksaan rontgen untuk memastikan kedua organ tersebut tidak terkena


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Vagina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>