Kista di Bibir Vagina

Kista di Bibir vaginaPenyakit kista di bibir vagina dikenal dengan istilah kista bartholin. Penyakit kista ini merupakan kelenjar yang letaknya berada dibagian bawah introitus vagina dan kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang sangat hebat. Penyebab dari terjadinya kista di bibir vagina adalah akibat dari penyumbatan pada kelenjar barthoin. Kelenjar bartholin adalah dua buah organ yang letaknya berada di bawah kulit vagina yang ukurannya mirio seperti kacang dan perannya sangat penting untuk proses lubrikasi atau pelumas vagina. Dan jika kelenjar ini mengalami sumbatan, maka sekresi dari cairan pelumas juga akan terjebak dan pada akhirnya akan menyebabkan tumbuhnya benjolan yang kecil serta licin, lembut, serta mengalami pembengkakan yang letaknya berada di dekat lubang vagina yang bisa menyebabkan munculnya benjolan di vagina.

Kista di BIbir Vagina

Penyakit kista di bibir vagina ini biasanya salah satu penyebab dari hubungan seksual dengan suami menjadi terganggu, karena wanita yang mengalami penyakit kista di bibir vagina akan merasakan gejala sakit yang hebat saat sedang melakukan hubungan seksual. Hal ini disebabkan karena fungsi dari kelenjar bartholin berguna untuk membantu wanita supaya bisa meningkatkan hasrat dan keinginan seksual supaya bisa mencapai ereksi saat melakukan hubungan seksual. Dan jika kelenjar bartholin ini mengalami penyakit kista, maka gejala yang dirasakan adalah munculnya rasa sakit saat sedang melakukan hubungan seksual yang pada akhirnya akan menyebabkan gangguan dan hubungan seksual tidak berjalan dengan baik.

Kista di Bibir Vagina

Kista di Bibir Vagina

Gejala kista di bibir vagina adalah :

  1. Rasa ketidaknyamanan yang muncul saat sedang duduk, berdiri dan juga saat sedang berjalan.
  2. Munculnya benjolan yang terjadi di sisi lubang vagina
  3. Adanya massa yang muncul tidak disertai dengan adanya rasa sakit
  4. Terasa nyeri saat sedang melakukan hubungan seksual
  5. Jika ukurannya besar, maka penyakit kista bisa tender
  6. Demam tinggi dan sulit reda
  7. Discharge dari kista yang pecah mempunyai sifat nonpulurent.

Penyebab terjadinya kista vagina yang satu ini adalah :

  1. Kista bartholin atau abses kelenjar bartholin. Penyakit kista yang satu ini asalnya dari kelenjar bartholin yang mengalami sumbatan. Setiap wanita mempunyai sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina mereka.
  2. Fibroma : kondisi penyakit tumor jinak yang asalnya dari jaringan ikat yang ada pada bibir vagina.
  3. Lipoma : penyakit tumor jinak yang asalnya dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma : penyakit tumor ganas yang asalnya dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma bartholin : penyakit tumor ganas yang berasal dari kelenjar bartholin.

Supaya Anda terhindar dari penyakit kista vagina, maka lakukanlah beberapa cara dibawah ini :

  1. Melakukan vaksinasi HPV yang dapat membantu mencegah infeksi virus sehingga vagina terbebas dari serangan virus penyebab herpes.
  2. Hubungan seksual yang terproteksi dengan menggunakan kondom atau juga melakukan hubungan monogami dengan pasangan yang terbebas dari penyakit menular seksual.
  3. Cermatlah dalam penggunaan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi misalnya seperti penggunaan spermisida dan juga cincin Nuva yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi di bagian vagina.
  4. Membatasi minuman beralkohol dan menghindari rokok serta obat-obatan yang terlarang.
  5. Memelihara kesehatan vagina dengan menggunakan air serta sabun yang tidak wangi. Dan selain itu hindarilah pemakaian pembalut yang beraroma.
  6. Melakukan senam kegel yang bisa membantu untuk mengencangkan otot panggul dari vagina Anda.
  7. Mengenali efek samping dari obat-obatan yang kemungkinan bisa memberikan dampak untuk tingkat hormon dan juga vagina. Mengonsumsiobat antibiotik dalam jangka waktu yang panjang yang beresiko menimbulkan masalah pada infeksi jamur didalam vagina. Dan selain itu juga untuk antihistamin jenis tertentu yang bisa membuat vagina menjadi kering.
  8. Berhati-hatilah dalam melakukan aktivitas Anda. Cedera yang terjadi pada daerah panggul serta hubungan seksual yang dilakukan dengan dipaksa akan menyebabkan vagina menjadi trauma.
  9. Kenalilah hubungan antara kondisi kesehatan tertentu serta efek untuk vagina Anda. Misalnya adalah penyakit diabetes dan juga sindrom Sjogren yang bisa menyerang sistem daya tahan tubuh yang pada akhirnya membuat vagina menjadi kering.

Untuk kista vagina yang muncul di bagian bibir vagina ukurannya bisa tumbuh membesar hingga mencapai sebesar telur. Dan penyakit kista vagina yang satu ini memang tidak berbahaya, tetapi dapat menimbulkan rasa nyeri serta menyebabkan jalan menjadi lebih sulit. Untuk terapi pengobatannya, biasanya tergantung dari ukuran kista vagina, dan juga rasa nyeri, apakah mengalami infeksi dan usia pasiennya. Kista kecil yang hanya bisa diobservasi saja dengan melakukan terapi di rendam menggunakan air hangat selama beberapa kali dilakukan 3-4 ali dalam sehari supaya rasa nyerinya menghilang dan agar kista bisa pecah sendiri bukan karena dipaksa. Dan selain itu juga bisa dipasang selang kecil atau kateter oleh dokter dengan tujuan supaya cairan didalam kista dikeluarkan. Dan jika penyakit kista vagina ini terjadi berulang kali setelah mendapatkan terapi, maka kelenjar bartholin bisa diangkat dengan jalan operasi atau juga jalan laser.

Itulah informasi mengenai Kista di Bibir Vagina semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Kista di Bibir Vagina

———————————————————————–

CARA PEMESANAN JELI GAMAT LUXOR

Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor Serta Membantu Proses Penyembuhan Bagi Penyakit Kronis Lainnyajelly-gamat-luxor

1 Botol Jeli Gamat Luxor Isi 350 ml = Rp.265.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kista Miom Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Vagina and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.